Senin, 02 Maret 2015

5 Sungai terpanjang didunia


1.      Sungai Nil, Mesir


Sungai Nil terletak di Negara Mesir, Benua Afrika. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 6.650 kilometer (km) atau sekitar 4.132 mil. Secara keseluruhan Sungai Nil melintasi sembilan negara di Afrika, seperti Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir.
Sungai Nil berasal dari bahasa YunaniNeilos, yang berarti lembah sungai. Sungai ini identik dengan sejarah Mesir, yakni sejak zaman Mesir kuno. Sungai Nil mempunyai peranan penting dalam peradaban, kehidupan, dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.
Sungai Nil mengairi wilayah Mesir seluas 20 km persegi. Orang Mesir sebagian besar mengandalkan hidup dari pertanian di lahan subur dari Sungai Nil, setelah dibangunnya bendungan Aswan pada tahun 1970.
Data statistik menyebutkan, sekitar 35 persen penduduk Mesir terdiri atas para petani dan peternak hewan. Mereka melakukan kegiatan ini sejak zaman Firaun. Hasil pertanian di lembah Nil, antara lain tebu, kapas, tomat, bawang, dan kurma. Mesir merupakan pengekspor kurma terbesar nomor dua dan pengekspor kapas nomor lima di dunia.
Pertanian rakyat Mesir makin subur dengan dibangunnya bendungan Aswan. Tanpa adanya bendungan tersebut, sebagian wilayah Mesir akan mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Nil.
2.      Sungai Amazon, Brasil


Sungai Amazon memiliki panjang 6400 km atau 3.976 mil. Sungai ini membentang dan melewati tujuh negara, yakni Brasil,Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, dan Guyana.  Berawall dari aliran Glazer danau Fed di Peru kemudian melintasi beberapa negara Amerika Latin dan berakhir di Samudera Atlantik. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dibandingkan sungai lainnya. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai hingga 6,9 juta kilometer.
3.      Sungai Yangtze, Cina


Sungai ini merupakan yang terpanjang di Cina dan Asia. Panjangnya mencapai 6300 km. Sungai Yang Tze ini juga dikenal sebagai sungai pemisah, karena memisahkan antara Cina bagian utara dan selatan.  Sungai Yangtse ini disebut juga dengan nama sungai Chang Jiang, mengalir dari dataran tinggi Tibet hingga bermuara di laut China.
4.      Sungai Mississippi, AS


Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang kedua di benua Amerika. Alirannya dimulai dari daerah pegunungan Red Rock di Montana dan berakhir di Teluk Meksiko dengan panjang keseluruhan mencapai 3713 mil atau sekitar 6275 km. Sungai ini 98,5 persen berada di AS dan 1,5 persen di Kanada.
5.  Sungai YeniseiSelenga, Rusia


Sungai Yenisei ini terletak di antara Rusia dan Mongolia dengan panjang keseluruhan mencapai 5539 kilometer. Di tengah-tengah sungai ini ada bendungan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar